Pages

Desain Pemodelan Grafik


Pengertian Desain Pemodelan Grafik

Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek visual yang menggunakan software komputer dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata, yaitu “Desain”, “Pemodelan”, “Grafik” yang memiliki arti sebagai berikut :
·         Desain : Seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya.
·         Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
·        Grafik : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan gambar dengan melakukan proses pencetakan.
·     Desain Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupkan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.


Elemen/Unsur Pemodelan Desain Grafik

A.    GARIS (LINE)
Adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik dengan titik yang lain sehingga bisa berbentuk garis lengkung (curve) atau garis lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.

B.    BENTUK (SHAPE)
Adalah gabungan dari beberapa line. Ciri – ciri dari bentuk adalah memiliki tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang paling umum adalah persegi (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).

C.   TEKSTUR (TEXTURE)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.

D.   RUANG (SPACE)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya. Ruang dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.

E.    UKURAN (SIZE)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

F.    WARNA (COLOR)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.


Aplikasi Website untuk Desain Pemodelan Grafik

1.    Figma



Website : figma.com

2.    Gravit



3.    Vectr

Website : vectr.com


No comments:

Post a Comment